simphonymusic.com

Informasi Dunia Online Terupdate
Fitur Tersembunyi iOS 13, Dark Mode Bisa Buat Hemat Baterai

Fitur Tersembunyi iOS 13, Dark Mode Bisa Buat Hemat Baterai

Sudah tahu kecanggihan fitur dark mode? Seberapa waktu lalu Apple secara resmi telah memperkenalkan iOS 13, sebagai sistem operasi terbaru yang membawa serangkaian fitur berteknologi canggih bagi pengguna. Fitur yang paling ditunggu-tunggu dari iOS terbaru ini yaitu mode gelap alias Dark mode. Sebuah mode yang diklaim mampu menghemat baterai perangkat serta ramah mata, karena dengan menggunakan media tersebut dapat mengubah warna dominan menjadi hitam.

Namun itu bukanlah satu-satunya fitur tersembunyi iOS 13. Ada serangkaian fitur yang tak kalah menarik lainnya seperti iMessage, foto editing hingga video yang diperbarui. Namun dalam pembahasan kali ini kami akan fokus pada teknologi yang disematkan dalam fitur dark mode yang katanya mampu menghemat baterai.

Dalam beberapa waktu belakangan ini memang penggunaan teknologi dan aplikasi yang membuat fitur mode gelap sedang ramai diperbincangkan. Pengaplikasian fitur ini dinilai memiliki segudang manfaat bagi pengguna. Itulah mengapa banyak penggemar iPhone yang penasaran dengan kehadiran sistem operasi terbaru Apple iOS 13. Untuk lebih jelasnya Mari kita bahas lebih dalam tentang fitur mode gelap ini.

Dark Mode iOS 13

Apple pertama kali mengenalkan iOS 13 melalui WWDC 2019. Kehadiran fitur Dark mode pada sistem operasi terbaru Apple ini memang menarik perhatian penggemar iPhone. Dark mode atau mode gelap adalah cara mengubah tampilan iOS yang selama ini lebih dominan ke warna putih terang menjadi lebih gelap.

Fitur ini diklaim lebih hemat baterai karena menggunakan layar OLED seperti yang disematkan pada iPhone X, iPhone XS dan iPhone XS Max. Warna hitam yang digunakan pada teknologi dark mode menggunakan pixel paling gelap, sehingga ketika digunakan pada maka bagian pisau tersebut tidak dialiri listrik.

Untuk mengaktifkan mode ini pengguna dapat melakukannya secara manual melalui pengaturan. Caranya yaitu dengan masuk ke aplikasi atau menu setting di iPhone yang sudah menggunakan iOS 13. Kemudian Anda bisa mencari bagian pengaturan display dan brightness, lalu tekan pengaturan dark di bagian atas.

Selain menggunakan pengaturan manual, fitur mode gelap pada iOS 13 juga bisa diatur secara otomatis. Pengguna bisa mengaktifkan mode otomatis untuk menggunakan mode gelap di malam hari dan kembali ke light mode di siang hari. Karena di sistem operasi ini disediakan opsi penjadwalan mode. Pengguna bisa mengatur waktu secara personal. Mode gelap bisa dinikmati di lockscreen, homescreen dan bagian di dalam aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Dark Mode Buat Hemat Baterai?

Sebagai pengguna awam pastinya Kita pernah bertanya-tanya apakah fitur mode gelap benar-benar dapat menghemat baterai? Jika memang iya, lalu bagaimana cara kerjanya?
Melalui sebuah acara Google Dev submit yang digelar di bulan November tahun lalu. Pihak Google sendiri mengkonfirmasi bahwa anggapan yang beredar terkait mode gelap dapat menghemat baterai adalah benar.

Klaim tersebut memang bukan sekedar mitos semata. Akan tetapi menurut Google fitur tersebut hanya akan bekerja optimal dalam menghemat baterai pada smartphone yang menggunakan layar OLED. Hal tersebut karena masing-masing pixel pada layar OLED akan mati ketika menggunakan mode gelap.

Beda hanya dengan layar OLED, pixel pada layar jenis LCD memiliki backlight yang akan tetap menyala meskipun sedang berada di mode gelap. Oleh karena itu, dalam penggunaan fitur mode gelap pada smartphone benar dapat menghemat baterai. Google bahkan telah menyerahkan tes pada HP Google pixel untuk menonton video di YouTube tanpa menggunakan mode gelap. Tingkat kecerahannya pun dinaikkan hingga level 100%.

Dari uji sederhana tersebut menunjukkan bahwa untuk nonton YouTube dengan fitur mode gelap menggunakan daya 43% lebih rendah dibanding mode normal. Bagaimana menurut anda? Tertarik untuk mencoba kecanggihan smartphone yang menggunakan teknologi mode gelap atau dark mode?

Baca Juga : Game Genre MOBA Favorit Netizen